Pantai Batu Kasah, Bebatuan Berusia Jutaan Tahun

Pantai Batu Kasah merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang ada di Pulau Natuna. Setelah Pengangkatan status Kawasan Natuna menjadi Geopark Nasional yang ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Komite Nasional Geopark Indonesia akhir November lalu. Pantai Batu Kasah merupakan salah satu geosite  yang masuk dalam Geopark Natuna.

Pantai Batu Kasah, Bebatuan Berusia Jutaan Tahun.

Bebatuan Granit Batu Kasah, geowisata, geopark natuna

Geopark (Taman bumi) menurut Wikipedia adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan. Dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana. Terdapat istilah Taman Bumi Global serta juga Taman Bumi Nasional. Secara konsep Sebuah Taman Bumi Global (Global Geopark) adalah area terpadu dengan warisan geologi yang sangat signifikan di dunia.

Taman bumi menggunakan warisan tersebut untuk mempromosikan kepedulian pada isu-isu kunci yang dihadapi oleh masyarakat dalam konteks dinamika planet yang kita tinggali. Banyak taman bumi yang mempromosikan kepedulian akan bahaya geologi, termasuk gunungapi, gempa bumi, dan tsunami serta banyak juga yang mempersiapkan strategi mitigasi bencana bagi masyarakat lokal.

pantai batu kasah, pantai indah, keindahan natuna, kabupaten natuna

Taman bumi menyimpan rekaman perubahan iklim terakhir dan menjadi sumber pembelajaran mengenai perubahan iklim. Selain itu, taman bumi mengadopsi praktik pendekatan terbaik dalam memanfaatkan energi terbarukan dan menggunakan standar terbaik dalam “Wisata hijau”. Promosi industri wisata taman bumi, berperan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan karakter geografi suatu tempat.

Kembali ke Pantai Batu Kasah. Destinasi wisata yang terletak di Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan. Jarak antara Kota Ranai dan Kecamatan Bungutan Selatan sekitar 55,8 km. Sehingga dibutuhkan sekitar 30 menit 1 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi. Namun jangan khawatir dengan jarak yang jauh. Selama perjalanan kita tidak akan bosan karena akan disuguhi pemandangan laut yang indah. Dan semilir angin laut yang menyejukkan.

Birunya Laut Pantai Batu Kasah, Pantai Cemaga, Kabupaten Natuna

Sesampainya di Pantai Batu Kasah pertama yang terlihat adalah birunya air laut yang jernih. Di dekat pantai, banyak pohon kelapa dan bebatuan granit bertebaran dengan indah. Formasi granit semacam itu, pada kenyataannya, menjadi daya tarik khas pantai. Pantai Batu Kasah di apit oleh bebatuan granit yang indah. Pantai ini memiliki pasir putih dan bertekstur lembut! Garis pantai yang panjangnya sekitar 10 – 15 meter. Semua itu mewakili pantai tropis yang sempurna, cocok untuk anda yang ingin menikmati bulan madu, liburan keluarga, dan relaksasi.

Selain di suguhi keindahan pasir pantai dan juga bebatuan granit yang menjadikan Pantai Batu Kasah menjadi salah satu geosite yang masuk dalam Geopark Natuna. Bahkan menurut Kepala Riset Geopark dan Kebencanaan Geologi Universitas Padjadjaran, Prof Mega Fatimah Rohana mengatakan bahwa batu geosite di Natuna diperkirakan berusia ratusan juta tahun. Sebagaimana dilansir Batampos terdapat batuan berusia puluhan juta tahun, yakni batu granit yang terletak di kawasan geowisata atau Geopark Batu Kasah, Desa Cemaga.

padang rumput dan gazebo, gazebo di pantai, wisata natuna

Lokasi Pantai Batu Kasah juga menyediakan Gazebo-gazebo yang dapat dipakai untuk bersantai. Menikmati sejuknya udara laut sambil menikmati makanan dan minuman khas natuna. Tidak lupa pula untuk menikmati kelapa muda yang langsung diambil dari pohon kelapa yang ada dikawasan Pantai Batu Kasah.

Jika ingin bersantai dan berkumpul sambil duduk lesehan. Hamparan rumput hijau yang tumbuh di sekitar kawasan Pantai Batu kasah semakin membuat pengunjung yang datang semakin nyaman menikmati liburannya. Itulah kenapa Pantai Batu Kasah atau Pantai Cemaga populer di kalangan wisatawan lokal dan telah dikenali oleh orang wisatawan mancanegara juga. So tunggu apalagi, ayo ke Natuna.

Satu tanggapan untuk “Pantai Batu Kasah, Bebatuan Berusia Jutaan Tahun

  • Januari 5, 2019 pada 6:16 am
    Permalink

    wow, indahnya pulau Natuna…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Google+
Google+
https://fajaraya.com/pantai-batu-kasah-bebatuan-berusia-jutaan-tahun">
YouTube
LINKEDIN
Instagram