8 Makanan Khas Pulau Natuna

Pulau Natuna, Selain memiliki keindahan alam yang mempesona. Juga memiliki wisata kuliner yang tak kalah mempesonanya. Makanan khas Pulau Natuna patut untuk dicoba dan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib kamu cicipi.

Mungkin makanan khas Natuna ini hampir sama dengan makanan khas di daerah kamu, tetapi akan terdapat perbedaan bentuk, bahan, bahkan nama yang sudah pasti sangat asing kamu dengar. Tetapi untuk rasa lidah anak pulau pasti sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

8 Makanan Khas Pulau Natuna

  1. Tabel Mando
tabel mando natuna, makanan khas natuna
sumber: https://letsmove974.wordpress.com

Tabel Mando, Kuliner Khas Natuna yang terbuat dari Sagu Mentah, dan Kelapa Parut. Bahan tambahan dapat berupa air, garam, ikan simbek (tongkol) asap, cabe, bawang merah, dan bawang putih atau bahan lain yang dapat ditambah sesuai selera. Cara membuatnya mudah, namun cara mengerjakannya yang sulit.

Jika anda berkunjung ke Natuna, jangan lupa mencicipi makanan khas natuna ini. Tabel Mando sangat enak disantap di saat panas dengan sambal pedas. Salah satu makanan favorit penduduk natuna yang ketika menghabiskan liburannya di Pantai Teluk Selahang atau Pantai Tanjung. Dinikmati bareng minum kelapa muda dan menikmati birunya laut Natuna.

  1. Kernas
kernas natuna, kuliner khas natuna
sumber: https://dapur-teh-enur.blogspot.com

Kernas juga merupakan makanan favorit penduduk natuna ketika menghabiskan liburannya di Pantai Teluk Selahang atau Pantai Tanjung. Enak dinikmati ketika panas dan dengan sambal pedas serta pisang goreng. Menikmati laut sambil minum es kelapa muda. Maknyusss….

Kernas adalah makanan khas asal Natuna sejenis kue yang terbuat dari campuran ikan dan sagu. Dua jenis bahan baku ini dikaloborasi menjadi kuliner yang enak dan gurih. Rasanya tentu tidak terlepas dari rasa ikan segar asli Natuna. Bentuknya berkeping-keping dan terdapat buliran sagu butir dipermukaan maupun didalamnya. Makanan ini sangat mudah didapatkan, jika anda sudah berada di Pulau Natuna.

  1. Lempar
lempar natuna, makanan khas natuna
sumber: http://www.laskarraya.com

Makanan ini sudah dikenal oleh seluruh penduduk yang ada di 12 Kecamatan di Kabupaten Natuna. Karena rasanya yang enak, sampai sekarang masih tetap menjadi kue yang paling diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di warung kopi juga banyak tersedia jenis makanan ini.

Lempar Natuna terdiri atas 2 macam, yakni terbuat dari parutan ubi kayu dan beras ketan/pulut, namun bagian dalamnya sama-sama berisi abon ikan pedas. Kuliner Natuna memang identik dengan campuran ikan, ini dikarenakan laut Natuna dikarunia oleh Allah SWT hasil laut yang melimpah.

Bagian luar dari lempar ini dibungkusi dengan daun pisang. Dalam pembuatannya memerlukan tahap pemanggangan sehingga tidak heran ketika anda membuka bungkusan daun pisang terlihat bagian luar dari parutan ubi kayu agak hangus, namun rasanya tetap gurih. Sebaiknya, lempar lebih enak dicicipi ketika masih panas.

Jika anda ingin merasakan kuliner asal Natuna yang satu ini, silahkan datang ke Natuna (Ranai). Tepatnya hari sabtu dan minggu merupakan hari libur keluarga untuk berwisata ke Pantai Teluk Selahang/Pantai Tanjung. Disinilah warung-warung yang ada menjual makanan itu. Dan anda bisa puas menikmati indahnya pesona pantai tanjung dan merasakan kuliner Natuna yang lainnya.

  1. Calok
calok natuna, kuliner khas natuna
sumber : https://disparbud.natunakab.go.id

Calok adalah sejenis sambal yang terbuat dari udang kecil. Rasanya tidak terlepas dari udang dan ada sedikit rasa asin. Biasanya ditambah cabe dan penyedap rasa untuk menambah rasa enak dari calok tersebut. Bisa disajikan dengan ikan asap atau ikan salai dan bersamaan dengan lalapan.

  1. Pedek
pedek, makanan khas natuna
sumber : https://disparbud.natunakab.go.id

Pedek atau pedok adalah makanan sejenis sambal yang berasal dari Natuna. Yang terbuat dari ikan teri yang di defregmantasikan. Rasa khasnya adalah rasa ikan dan rasa asin. Sangat mudah dijumpai diwilayah Natuna.

  1. Latoh Silong
latoh silong, kuliner khas natuna
sumber: https://www.rasio.co

Makanan yang satu ini mungkin sangat aneh bagi yang belum pernah lihat, karena makanan ini disajikan dalam bentu mentah sama seperti shashimi Jepang. Makanan yang berasal dari laut ini berasal dari “Latoh” atau “Anggur Laut”. Sangat baik untuk kesehatan karena berasal dari tumbuhan lain yang kaya akan manfaat. Latoh Silong biasanya juga disajikan dengan sambal cabe hijau sederhana, untuk menambah nikmat ketika kita makan Latoh Silong Natuna.

  1. Lakse
laksa natuna, makanan khas melayu
sumber : https://www.rasio.co

Lakse Kuah merupakan makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah pulau Natuna bahkan seluruh pulau yang ada di Kepulauan Riau. Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu dan campuran ikan tongkol serta ikan teri dan ditambah bahan bumbu yang berasal dari rempah-rempah yang akan mencirikan rasa khas makanan Kepulauan Riau.

Pada dasarnya lakse kuah ini terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah mie yang terbuat dari tepung sagu. Kedua adalah kuah kari yang berbahan dasar santan kelapa dan ikan tongkol yang ditumbuk halus, serta ditambah beberapa rempah masakan seperti cabe kering atau cabe basah, ketumbar, jintan putih, adas manis, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Untuk variasi dapat ditambah irisan mentimun, kecambah, atau sayuran lain sesuai selera. Dan tidak lupa, sambal terasi yang terbuat dari cabe basah atau cabe kering. Serta tidak lupa pula tambahan daun salam sebagai aroma pengharum kari Lakse.

  1. Nasi Dogong
nasi dogong, nasi dagang, nasi kucing, angkringan
sumber : https://www.rasio.co

Nasi Dogong atau Nasi Dagang merupakan salah satu makanan khas natuna. Sebenarnya Nasi Dagang seperti ini bisa dijumpai di negeri jiran, tetapi untuk apa jauh – jauh jika kita bisa menikmatinya di Kepualuan Natuna. Nasi yang mirip dengan nasi komplit atau nasi uduk ini menggugah selera untuk segera melahapnya. Kalau di jogja nasi dogong mirip dengan nasi kucing.

Nasi dagang adalah salah satu makanan khas dari Pulau Natuna , Kepulauan Riau. Nasi dagang berbeda dari nasi lemak yang umumnya dimakan bersama ikan bilis dan telur. Terbuat dari beras kemudian menggunakan santan dan rempah rempah,nasi dagang menjadi makanan yang sangat favorit untuk masyarakat Pulau Natuna.

Hidangan ini disebut nasi dagang karena pada zaman dulu dibawa sebagai bekal oleh orang kampung yang pergi untuk berdagang. Sewaktu bepergian jauh, pedagang membawa nasi berisi kari ikan dan acar yang dibungkus daun pisang.

2 tanggapan untuk “8 Makanan Khas Pulau Natuna

    • Januari 15, 2019 pada 1:29 am
      Permalink

      ora ono bos yimly, teh poci tetep tegal hehehe

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Google+
Google+
https://fajaraya.com/8-makanan-khas-pulau-natuna">
YouTube
LINKEDIN
Instagram