5 Tempat Wisata Terbaru Pulau Natuna

5 Tempat wisata terbaru Pulau Natuna memiliki pemandangan dan keindahan yang berbeda. Ada lokasi yang terinspirasi dari film. Ada hutan mangrove. Ada juga bukit yang indah. So kami akan sajikan informasinya.
  1. Jelita Sejuba Resort

Jelita Sejuba Resort merupakan tempat wisata terbaru yang ada di Pulau Natuna. Terinspirasi dari pembuatan film Jelita Sejuba. Tempat ini yang merupakan salah satu lokasi syuting film tersebut disulap oleh pemilikya menjadi tempat wisata. Lokasi yang didominasi oleh bebatuan granit seperti kebanyakan pantai yang ada dinatuna.

wisata pulau natuna, kabupaten natuna, jelita sejuba, film jelita sejuba

Seperti halnya Alif Stone Park, Jelita Sejuta Resort menyajikan spot-spot yang instagramble. Yang dapat memuaskan hati para pecinta fotografi. Tempatnya yang tidak jauh dari ibukota kabupaten Natuna, Ranai. Jarak yang ditempuh dari Ranai, hanya sekitar 15-20 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Tempat ini juga menyediakan fasilitas yang komplit, seperti Kamar Mandi, tempat parkir, area bermain anak-anak. D tentunya tempat bersantai untuk menikmati kuliner khas natuna dan kelapa muda yang segar.

Tiket masuk ke Jelita Sejuba Resort untuk dewasa Rp. 10.000,- dan untuk Anak-anak Rp. 3.000,-. So Tunggu apalagi, Ayo ke Pulau Natuna

  1. Hutan Mangrove Pengadah

Hutan Mangrove Pengadah terletak di Desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut. Jarak tempuh dari Ranai sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan roda dua atau pun roda empat. Namun jangan khawatir dengan lamanya perjalanan. Selama perjalanan anda bisa menikmati birunya laut natuna. Anda bisa singgah ditempat-tempat wisata yang dilewati, seperti Alif Stone Park, Jelita Sejuba Resort, Pantai Tanjung, Pulau Sahi.

wisata hutan mangrove, wisata pulau natuna, kabupaten natuna, jelita sejuba

Kawasan wisata mangrove yang dibangun di atas muara Sungai Semitan ini menyajikan pemandangan hutan mangrove yang indah. Ada jembatan kayu yang bisa kita lewati dan bisa jadi spot fotografi yang indah. Berbagai kagiatan wisata yang dapat dilaksanakan di kawasan Wisata Mangrove Semitan, seperti menikmati hutan bakau. Yang menyukai petualangan dapat menyusuri sungai sambil menyaksikan keragaman fauna disepanjang perjalanan,memancing dan menjala ikan di muara sungai semitan.

Selain kegiatan diatas, nantinya dikawasan Wisata Mangrove di bangun kawasan edukasi dan pelestarian bakau. Para pengunjung dapat berlibur menikmati sensasi hutan bakau sambil terjun langsung menanam dan belajar tentang bakau.

Selain berwisata,pengunjung dapat berintraksi langsung dengan masyarakat setempat dengan mengunjungi kampong lama semitan yang telah siap menyambut dengan memperkenalkan kuliner tradisional dan membuka rumah-rumah sebagai Homestay.

  1. Wisata Gunung Gundul

Wisata Gunung Gundul  terletak di desa Harapan Jaya (SP1) kecamatan Bunguran Tengah. Desa harapan jaya merupakan salah satu desa transmigrasi, sebagian penduduknya berasal dari pulau jawa. Maka jangan heran ketika anda berkunjung ke Wisata Gunung Gundul akan anda jumpai berbagai tulisan berbahasa jawa. Jarak tempuh dari kota Ranai sekitar 20 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Dari jalan utama anda harus melewati jalanan berbukit yang jaraknya tidak terlalu jauh.

wisata gunung gundul, wisata bukit kapur, wisata hutan mangrove, jelita sejuba resort

Lokasi yang banyak ditumbuhi pepohonan menjadikannya tempat wisata yang sejuk, sehingga ketika anda harus berjalan naik ke atas Gunung Gundul akan terasa kesejukannya. Sesampainya di gunung gundul ada beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat. Anda dapat menikmati pemandangan pulau natuna dari atas Gunung Gundul. Dan yang menjadi salah satu favorit wisatawan adalah Bandulan Cinta.

Informasi yang berhasil dihimpun dari masyarakat setempat, nama Gunung Gundul sendiri diambil saat peristiwa kebakaran hutan sekitar tahun 1983 silam. Yang membuat Gunung tersebut menjadi gundul, lantaran tumbuhan disekitarnya hangus terbakar.

Sebelumnya, Gunung Gundul juga sudah sering digunakan untuk kegiatan perkemahan bagi anak-anak Pramuka.

  1. Wisata Bukit Kapur

Wisata Bukit Kapur terletak di Desa Ceruk Kecamatan Bunguran Timur Laut. Anda  membutuhkan waktu sekitar 1 Jam perjalanan. Dikarenakan trek yang harus ditempuh dari desa ceruk menuju lokasi Wisata Bukit Kapur yang cukup menantang. Sedikit saran dari kami agar anda membawa perbekalan yang cukup, seperti air minum dan snack.

wisata bukit kapur, wisata gunung gundul, jelita sejuba resort

Kawasan yang berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut (mdpl) itu diinisiasi oleh pemerintah desa setempat. Berbagai kelebihan terkandung di kawasan itu, mulai dari keindahan alam berupa hutan, alam ketinggian dan view-nya yang bisa menjangkau penjuru Natuna yang jauh. Anda dapat menikmati keindahan laut pulau natuna dari ketinggian dan mengabadikannya.

Selain keindahan alam, berbagai assesoris wisata seperti puluhan payung yang dipasang di pohon kayu, gazebo, jembatan kayu dan prasarana lainnya turut melengkapi keindahan kawasan itu. So buat anda yang suka berfoto ria, tempat ini sangat rekomended untuk anda kunjungi.

  1. Embung Serbaguna Sedanau

Embung Serbaguna Sedanau terletak di Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat. Untuk dapat pergi ke Sedanau, anda harus menggunakan kapal fery dengan jarak tempuh sekitar 30 menit perjalanan. Anda juga harus menginap satu malam di sedanau dikarenakan kapal fery hanya 2 kali trip, siang dari Pelabuhan Binjai menuju Sedanau dan Pagi Hari dari Pelabuhan Sedanau menuju Pelabuhan Binjai. Jarak tempuh dari Ranai menuju Pelabuhan Binjai sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4.

Sedanau lebih dikenal dengan sebutan kota apung karena rumah-rumah warga dan juga pusat kehidupannya ada diatas laut. Tempat wisata yang lebih dulu ada di sedanau adalah Pantai Pinyong dan Pelabuhan Panjang. Tempat untuk mengisi waktu luang sambil menanti sunrise atau sunset.

embung sedanau, pulau sedanau, kapal feri, wisata sedanau
IG : @natuna_tourism

Embung Serbaguna Sedanau merupakan salah satu program Pemerintah Pusat dalam upaya membangun infrastruktur di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV. Melalui PPK Danau Situ dan Embung melaksanakan pembangunan lanjutan Embung Sedanau, yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Murni 2017.

Embung seluas tiga hektar yang mulai dibangun pada tahun 2013 silam tersebut, akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga Sedanau, yang selama ini masih mengandalkan air tanah.

Dengan dibangunnya Embung Serbaguna Sedanau, saat ini warga lebih memilih untuk berekreasi di sekitaran bangunan yang digunanakan sebagai konservasi air berkelanjutan untuk masyarakat Sedanau. Dengan adanya tulisan dengan ukuran yang besar disisi jalan sekitar Embung, menjadi spot tersendiri bagi warga untuk berfoto dan menjadi destinasi wisata baru di Bunguran Barat.

 

direktori weblogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Google+
Google+
https://fajaraya.com/5-tempat-wisata-terbaru-pulau-natuna">
YouTube
LINKEDIN
Instagram