10 tips cara menghilangkan kutu kucing dengan Sunlight

10 tips cara menghilangkan kutu kucing dengan Sunlight

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang masyhur di kalangan pecinta hewan di Indonesia. Tingkah yang menggemaskan dan manja, menjadi hiburan tersendiri bagi pecinta kucing alias catlover ditengah pandemi yang sedang melanda dunia ini.

Namun, kucing juga membutuhkan perawatan yang benar untuk menjaga kesehatannya. Salah satu masalah yang kerap dihadapi pecinta kucing di Indonesia adalah kutu atau pinjal. Apalagi, jika kucing dibiarkan bebas berkeliaran di luar rumah, resiko tertular kutu akan makin besar.

Jika kucing kesayangan terserang kutu, sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasinya. Anda bisa membeli obat yang dijual di pet shop seperty FLUFFY CAT atau pun membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapat penanganan terbaik.

Akan tetapi, kalau dana tidak ada lebih untuk beli obat kutu seperti FLUFFY CAT atau ke dokter, sabun pencuci piring seperti Sunlight bisa menjadi solusi terbaik.

obat kutu kucing, fluffy cat

Berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan kutu kucing dengan Sunlight atau sabun pencuci piring lainnya.

  1. Pertama, siapkan air untuk memandikan kucing. Sebisa mungkin, siapkan air hangat agar kucing tak kedinginan atau kepanasan.
  2. Tuang air hangat ke bak mandi yang telah disiapkan. Batas tinggi air yang paling tepat adalah sebatas perut kucing.
  3. Campur air dengan 3 sendok sabun cuci piring.
  4. Basahi bagian leher kucing, kemudian gosok menggunakan sabun pencuci piring. Ini berguna untuk menghalangi kutu pindah ke wajah dan telinga kucing.
  5. Masukkan kucing ke bak mandi dan basahi tubuhnya secara keseluruhan.
  6. Setelah tubuh dan bulu kucing basah, ambil 2-3 sendok sabun cuci piring, kemudian gosokkan ke badan kucing sampai berbusa.
  7. Lakukan gerakan menyisir menggunakan ujung jari secara merata di tubuh kucing. Ini untuk memastikan sabun mencapai kulit kucing.
  8. Diamkan selama 3-5 menit agar sabun pencuci piring melakukan tugasnya membasmi kutu.
  9. Selanjutnya, bilas kucing dengan air mengalir sampai bersih sambil menyisirnya perlahan. Ini dapat membantu menghilangkan kutu sebanyak-banyaknya.
  10. Setelah dibilas bersih, keringkan bulu kucing menggunakan handuk dan hairdryer atau pengering rambut.

Proses pemandian ini bisa dilakukan 2 sampai 3 kali tergantung tingkat keparahan kutu. Pemandian selanjutnya bisa dilakukan 2 hari setelah mandi pertama.

Perlu diingat, setelah kucing bebas dari kutu, Anda harus rajin memandikannya dengan shampoo khusus kucing.

Anda juga harus rajin membersihkan rumah Anda dengan baik untuk memastikan tidak ada kutu yang menempel dengan FLUFFY FRESH dan bersembunyi di perabot rumah tangga.

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan komentar